Ramuan

Translate

Kamis, 09 Februari 2017

-Review: Villa Ternak Cikerai-

Villa Ternak Cikerai, berada di kota Cilegon - Banten, tepatnya berada di jl. Cikerai. Tempat ini merupakan sebuah peternakan yang masih baru dan belum melakukan acara pembukaan atau grand opening. Berada di daerah perbukitan antara jalan Cikerai dan jalan Mancak. Banyak jalan menuju ke tempat ini, dari daerah Pondok Cilegon Indah (PCI) atau keluar tol Cilegon Timur bisa melalui Jalan Lingkar Selatan melewati hotel Horison dan hotel Arisu kemudian belok kiri langsung masuk ke jalan Cikerai. Dari daerah Serdang atau Waringin Kurung (Taman Krakatau) tinggal mengikuti jalan hingga pasar Waringin Kurung kemudian berbelok ke arah kanan memasuki jalan Kandang Sapi, melewati makam Cina hingga masuk ke Jalan Cikerai. Dari arah Anyer bisa melalui jalan Mancak hingga tembus ke jalan Cikerai.

Sabtu, 28 Januari 2017, saya berkesempatan mengunjungi tempat ini bersama dengan 2 orang teman kantor saya, om Nova dan om Dedy. Kami pergi mengunjungi villa ternak ini menaiki sepeda, dimulai dari rumah om Nova di Taman Krakatau. Cuaca pada saat itu kurang bersahabat, daerah Serdang masih diguyur hujan. Kami berangkat setelah hujan reda, sekitar jam 9, dan kami pun gowes bersama melalui rute pasar Waringin Kurung, makam Cina, SMP 8 Cilegon hingga tiba ditempat tujuan dengan jarak tempuh sekitar 10 km. Setibanya di Villa Ternak Cikerai kami bertemu dengan rombongan pesepeda dari Anyer yang baru tiba juga disana. Kami pun disambut oleh pemilik peternakan yang bernama om Bowo. Momen langka seperti ini tidak luput diabadikan dalam sebuah jepretan foto.

Selanjutnya kami masuk ke dalam villa ternak dan memarkirkan sepeda kami di tempat parkir yang sudah disediakan dekat pintu masuk.
Parkiran sepeda

Rombongan pesepeda dari Anyer langsung bergegas ke atas villa untuk beristirahat, sedangkan kami bertiga melanjutkan sesi foto sekaligus berkeliling di area peternakan.

Peta peternakan

Kebun sayur dan buah organik

Rumah burung perkutut

Kandang kambing

Kambingnya makan dulu

Memberi makan kambing

Kandang sapi

Narsis bersama sapi

Narsis bersama

Kelinci hitam

Kelinci putih

Kelinci yang lapar

Memberi makan kelinci

Sungai di area belakang peternakan

Sungai deras dan air keruh karena hujan terus menerus



Selesai berkeliling kami pun kembali ke villa untuk beristirahat.


Di lantai bawah villa kami memesan minuman khas tempat ini yaitu susu kambing Etawa. Setelah itu kami naik ke lantai atas villa dan bertemu sekaligus berkenalan dengan rombongan om Ari dari AMBC Anyer yang anggotanya juga tergabung dalam grup S.C.A.M Facebikers. Saya sendiri baru bergabung dengan grup S.C.A.M tapi masih belum banyak kenal dengan anggota-anggotanya. Diatas kami berbincang-bincang dengan rombongan AMBC sampai akhirnya rombongan om Ari turun dari villa untuk berkeliling peternakan. Kami bertiga (saya, om Nova, om Dedy) mulai memesan minuman khas dari peternakan yang memelihara kambing Etawa, yaitu susu kambing. Ada 3 varian rasa susu, yaitu coklat, strawberry, dan melon. Saya memesan susu kambing hangat rasa coklat. 

Istirahat di Lantai Atas Villa

Parkiran Sepeda Tampak Atas
Selagi menunggu pesanan datang, kami beristirahat sekaligus menikmati pemandangan alam sekitar yang sangat indah.
Peternakan dilihat dari atas

Pemandangan dari atas Villa

Daftar Menu Makanan dan Minuman

Akhirnya susu kambing yang saya pesan datang juga. Untuk rasanya masih sedikit terasa aroma khas kambing tapi tertutupi oleh rasa coklat yang lebih mendominasi. Namanya juga susu kambing jadi wajar bila masih ada aroma kambingnya, bila aroma yang terasa aroma sapi berarti itu bukan susu kambing, hehe. Secara keseluruhan rasanya enak sekali.
Susu Kambing Hangat Rasa Coklat

Selesai beristirahat kami pun bersiap-siap meninggalkan peternakan dan pergi ke tempat berikutnya hingga dilanjut dengan perjalanan pulang ke rumah masing-masing. Disaat turun dari villa kami bertemu kembali dengan rombongan om Ari yang baru selesai berkeliling peternakan. Kami pun pamit dari peternakan.

Peternakan yang masih tergolong baru ini merupakan tempat agro wisata yang bisa dijadikan tempat wisata sekaligus edukasi bagi anak-anak tentang dunia peternakan dan perkebunan. Disini anak-anak bisa belajar mengenal hewan dan tanaman serta memberi makan hewan dan memetik buah atau sayuran. Pemandangan alam yang memanjakan mata dan udara yang masih sejuk membuat pengunjung betah berkunjung ke peternakan ini.

Lokasi villa ternak Cikerai dari google maps:
6°04'44.5"S 106°01'44.5"E

Bagi yang ingin menikmati liburan bersama keluarga sekaligus menambah wawasan tentang dunia peternakan, silahkan kunjungi Villa Ternak Cikerai.

-Fin-

3 komentar:

  1. Ajak-ajak sih kalo ke mancak lagi.
    Itu ikut nabung ternak gtu ya rid.?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayu minggu depan wan, bisa nabung juga disana, hehe

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus